Notification

×

Harumkan Nama NTT, Birgita Kireyna Leong Raih Juara Top 6 Miss Asia Aword di Filipina

Kamis | Maret 02, 2023 WIB Last Updated 2023-03-01T18:14:50Z


KOTA KUPANG, TBO - Satu lagi putri terbaik provinsi Nusa Tenggara Timur kembali menorehkan prestasi di level internasional.


Putri asal NTT tersebut yakni Brigita Kireyna Leong yang biasa disapa Kirey berhasil masuk dalam Top 6 Miss Asia Awards 2023 di Filipina.


Selain masuk dalam Top 6 Miss Asia Awards 2023, Kirey juga meraih award untuk Best National Costume dari 28 peserta yang diutus oleh 28 negara yang mengikuti kompetisi yang di laksanakan di Clark Pampanga Filipina.


"Miss Asia Award diikuti oleh 28 orang dari 28 negara di Asia. Tujuannya agar negara-negara di Asia bisa saling mengenal satu sama lain," ungkap Kirey kepada awak media dalam jumpa pers yang dilakukan di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan provinsi NTT pada Rabu (01/03).



Dikatakan Kirey saat didampingi oleh Kadis Pendidikan dan Kebudayaan provinsi NTT, Linus Lusi, S.Pd,.M.Pd serta Kepala Seksi Pertunjukan Taman Budaya, Zet Hendrikson Adoe bahwa peserta dari 28 negara saling berbagi informasi soal budaya, kehidupan sosial, tradisi dan kearifan lokal dari negara masing-masing.


Diakui oleh Kirey bahwa pengalaman saat mengikuti lomba Miss Asia Awards 2023 ada tantangan tersendiri. Tentunya harus latihan fisik dan mental saat menghadapi peserta dari 27 negara lain.


Hal senada juga diungkapkan oleh Zet Hendrikson Adoe bahwa saat mendampingi Kerey di Denpasar Bali, Kirey sangat mandiri.


"Jadi waktu kami masih di Bali, Kirey sangat mandiri. Contoh hal kecil seperti melakukan meke up saja dilakukannya seorang diri tanpa dibantu oleh orang lain," ujarnya. 


Hal yang sama juga diungkapkan oleh Magdalena Lince Yandra yang merupakan ibu kandung dari Brigita Kireyna Leong. Dia menyatakan bahwa putri bungsu dari tiga bersaudara ini semenjak kecil sudah mulai menunjukkan bakatnya. Terbukti semasa dibangku pendidikan selalu berprestasi. Kirey selalu mendapat ranking satu semenjak dari SLTP hingga SMK.

   

Lebih lanjut dikatakan Kirey yang merupakan alumni SMKN 3 Kupang sekaligus putri bungsu dari tiga bersaudara dari pasangan Jimmy Leong dan Magdalena Lince Yandra bahwa pelajaran paling penting yang dia dapat dapatkan dalam mengikuti kegiatan tersebut yakni kedisiplinan, pengetahuan, dan sportivitas.  


"Tidak mudah untuk sampai pada titik ini namun saya bersyukur tidak pernah berhenti mengembangkan diri. Saya juga mohon dukungan do'anya karena akan mengikuti tes calon mahasiswa prodi ilmu hukum di UGM Yogyakarta nanti," ujar gadis berdarah Atambua yang bercita-cita ingin menjadi seorang pengacara ini.


Kirey juga berpesan kepada generasi muda NTT agar jangan pernah takut untuk mencoba, terus menggalih potensi dalam diri, dan mari bersama-sama membangun dan memajukan NTT dengan prestasi.


Diakhir pernyataannya, Ia menyampaikan terima kasih untuk dukungan dari Ketua Dekranasda NTT sekaligus istri Gubernur NTT Julie Sutrisno Laiskodat dan Levico Butik yang sudah mendukungnya 100 persen dalam ajang ini. @Oscar